Saturday 28 March 2015

MALICIOUS SOFTWARE

Sekarang saya akan menjelaskan Malicious Software, ini merupakan tugas mata kuliah keamanan
MALICIOUS SOFTWARE
komputer. Keamanan komputer berkaitan dengan malware, malware merupakan program atau kode yang diciptakan dengan tujuan untuk melemahkan komputer sehingga data yang ada dalam komputer bisa rusak atau hilang. Malware dibagi dalam 4 macam yaitu :
    • Virus
    • Trojan Horse
    • Worm
    • Spyware


DEFINISI

MALICIOUS SOFTWARE
1.       Virus
Virus dalam segi kedokteran merupakan parasit yang berukuran mikroskopik yang menginjeksi sel organisme biologis hampir sama dengan virus yang menyerang tubuh kita, virus di komputer juga menyerang file – file yang ada dalam komputer. Virus ini akan menyebar ketika file atau program yg terinfeksi virus tersebut di jalankan. Virus komputer menyebar dengan cara menginjeksi program atau dokumen yang ada dalam komputer.
2.       Worm
Worm atau dalam bahasa indonesia brarti cacing adalah sebuah program komputer  yang dapat menggandakan dirinya sendiri. Jika dibayangkan kan cacing yang menumpuk banyak pastikan memenuhi ruangan yang ada itu lah yang akan terjadi di komputer kita secara tidak kita ketahui memori yang ada telah terisi. Untuk penyebarannya tidak perlu campur tangan user.
3.       Spyware
Spy dalam bahasa indonesia brarti mata – mata, jadi progam ini di gunakan untuk memata – matai kebiasaan pengguna komputer dan mengirimkan informasi tersebut ke pihak lain.

4.       Trojan
MALICIOUS SOFTWARE

Nama Trojan atau trojan hourse berasal dari cerita metologi yunani tetntang pengepungan troy. Dalam peperangan ini  kuda kayu trojan yang sangat besar digunakan untuk menyembunyikan beberapa tentara. Dalam komputer trojan atau trojan hourse adalah program yang diam – diam masuk ke komputer, kemudian memfasilitasi virus atau semacamnya untuk masuk.

MALICIOUS SOFTWARE 
Cara mengatasi dan menghindari serangan malware
    
Cara mengatasi dan menghindari serangan malware
Apakah komputer kamu pernah terserang virus dan mengakibat komputer anda lambat, sering nge-hang atau data kamu hilang? Sekarang banyak sekali malware yang bertebaraan apa lagi kamu sering menggunakan koneksi internet. Berikut ini cara untuk mengatasi dan agar terhindar dari serangan malware. 
  • Update OS

Windows(pengguna OS windows) selalu mengupdated sistem operasinya untuk mengatasi berbagai serangan malware dan mengatasi kekurang yang ada pada sistem sebelumnya. Biasanya jika kamu mengaktifkan sistem update pada windows maka secara otomatis windows akan update setiap data saat kamu terkoneksi dengan internet.
  •  Antivirus

Instal antivirus dalam komputer anda karena antivirus sangat berguna untuk melindungi sekaligus mencegah komputer kamu terinfeksi malware seperti worm , trojan dan lainnya.
  • Scan Antivirus

Dalam hal ini setelah kamu meng-instal antivirus kamu harus rajin membuka antirus dan me-scan komputer kamu sehingga antivirus biasa memeriksa komputer kamu atau kamu bisa gunakan fasilitas auto scan apa pengaturan antivirus(jika ada) sengingga pada saat kamu lupa me-scan komputer kamu antivirus kamu akan aktif sendiri.
  • Update database antivirus


Selalu update antivirus kamu saat kamu online hal ini bisa juga di lakukan secara otomatis sesuai pengaturan yang ada. Meng-update antivirus sangat lah bermanfaat agar antivirus kamu selalu update dengan jenis malware yang ada karena dunia komputer tiap detik selalu berkembang.
  • Gunakan browser dan Add On yang terpercaya
Penggunaan browser juga mempengaruhi kenyamanan kamu dalam berselacar di dunia maya, hal ini lah yang menjadi alasan kenapa para pengguna komputer lebih suka berselancar menggunakan mozila atau crome dibanding menggunakan browser standar dari windows (INTERNET EXPLORER) karena banyak orang yang tidak suka dengan internet explorer(IE) sehingga mereka banyak membuat virus untuk IE.

NAMA : HELMI ELBARY
NIM : 13.1.03.03.0042
JURUSAN : SISTEM INFORMASI
KAMPUS : UNP KEDIRI 

0 comments:

Post a Comment