Friday 25 July 2014

TIPS SUKSES MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR (SKRIPSI) | prodi si unp kediri

“Bagi kawan-kawan yang satu pengetahuan, satu angkatan, serta yang tetap sulit nyelesaiin Skripsi. Bukan hanya maksud saya untuk menggurui lantaran saya juga mempunyai persoalan yang sama, panduan ini ditulis oleh rekan yang ‘benar benar’ telah lulus sesuai sama tujuan ”

TIPS SUKSES MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR (SKRIPSI)  | prodi si unp kediri
Sebagian aspek yang mengakibatkan lamanya saat studi seseorang mahasiswa di perguruan tinggi, terdapat banyak mata kuliah yang diulang, terlampau aktif dalam organisasi kemahasiswaan hingga banyak saat yang dipakai diluar jam kuliah, serta persoalan penyelesaian pekerjaan akhir. Saya sangka, serta barangkali sebagian mahasiswa lain juga sepakat bahwasanya persoalan yang seringkali didapati beberapa besar mahasiswa yaitu persoalan dalam merampungkan pekerjaan akhir.

Umumnya mahasiswa relatif cepat penuhi beban sks mata kuliah. Menurut pengalaman di PT tempat saya kuliah, rata-rata mahasiswa cukup 6 semester merampungkan beban sks nya (dengan catatan tak ada mata kuliah yang diulang). Karena, semester 7 telah dapat mulai kerjakan pekerjaan akhir hingga (harusnya) satu semester lalu pekerjaan akhir bisa dikerjakan. Tetapi hambatan paling besar malah ketika kerjakan pekerjaan akhir. Serta kelihatannya persoalan pekerjaan akhir ini cukup menghalangi kelulusan mahasiswa.

Dari pengalaman saya membuat karya ilmiah, bisa saya ambillah sebagian persoalan yang saya hadapi dalam merampungkan pekerjaan akhir. Karenanya, saya coba berikan beberapa tips untuk menangani persoalan itu (beberapa panduan ini saya dapatkan dari “petuah-petuah” yang didapatkan dari dosen).

Persoalan Penentuan Tema : Kesusahan memastikan inspirasi untuk Pekerjaan Akhir

Hambatan pertama yang dihadapi saat bakal membuat pekerjaan akhir yaitu memastikan inspirasi. Inspirasi untuk pekerjaan akhir tak mesti senantiasa adalah beberapa hal yang baru, yang utama inspirasi itu berbentuk ilmiah serta tak ”menjiplak” (original). Hambatan lain yang terkait dengan penentuan tema yaitu terlampau sulitnya tema/inspirasi yang sudah diambil, hingga mentok di dalam jalan serta dengan terpaksa ”mengharuskan” kita ganti tema. Hal semacam ini sudah pasti bakal memperlambat sistem penyelesaian pekerjaan akhir kita lantaran dengan ganti tema automatis kita mengulang dari pertama apa yang sudah kita lakukan.

Panduan :

• Brainstorming : jurnal, persoalan yang muncul didunia riil, atau mungkin dapat pula dari fenomena alam yang berlangsung.
• Sebisa-bisanya tentukan tema yang ’diminati’ oleh dosen pembimbing.
• Turut riset dosen.

Persoalan Manajemen Saat : Saat penyelesaian kian lebih 6 bulan

Persoalan manajemen saat kelihatannya jadi hambatan paling besar dalam merampungkan skripsi. Tujuan saat kerjakan pekerjaan akhir yang awal mulanya mesti usai kurun waktu kurang dari 6 bln. terpaksa mesti molor bila kita tak dapat mengatur saat dengan baik.

Panduan :

• Buat jadwal/gagasan kerja yang perlu dikerjakan sepanjang sistem pelaksanaan pekerjaan akhir.
• Ikuti dengan ketat tiap-tiap jadwal atau mungkin gagasan kerja yang sudah disusun.
• Kerjakan evaluasi tiap-tiap gagasan kerja yang sudah dikerjakan dengan cara reguler (umpamanya setiap minggu).
• Jauhi ubah tema ditengah jalan, hal semacam ini terkait persoalan dalam memastikan tema pekerjaan akhir.
• Buat jadwal teratur pertemuan dengan dosen pembimbing.
• Konsentrasi pada pekerjaan akhir yang ditangani. Sebisa-bisanya kurangi aktivitas/ persoalan/beberapa hal lain yg tidak terkait dengan pekerjaan akhir lantaran hal semacam itu dapat kurangi konsentrasi pada apa yang tengah ditangani.

Persoalan Dokumen : Kehilangan file-file, draft, rekomendasi, serta dokumen utama yang lain yang terkait dengan pekerjaan akhir

Persoalan lain yang kerap berlangsung yaitu hilangnya data-data utama yang sangatlah diperlukan. Kadang-kadang kita kurang demikian perduli menaruh data-data yang sudah terpakai, tetapi ada kalanya kita memerlukan kembali data-data itu.

Panduan :

• Selekasnya tuliskan inspirasi/ide yang terkait dengan tema yang pernah terlintas di pikiran.
• Kumpulkan seluruhnya bahan, baik itu berbentuk buku, jurnal atau mungkin rekomendasi yang lain dalam satu tempat untuk mempermudah kita mencarinya saat dibutuhkan.
• Beri nama file sesuai sama tanggal revisi paling akhir untuk mempermudah sistem pengembalian bila tiba-tiba file kita hilang.
• Back up data-data/file-file yang terkait dengan pekerjaan akhir kita untuk hindari kemungkinan ada trouble dengan PC kita yang sangat mungkin hilangnya seluruhnya data. Dapat dengan diburning ke CD-RW atau mungkin numpang nyimpen di computer rekan kost.
• Taruh seluruhnya hasil koreksi dari dosen pembimbing untuk hindari ketidakkonsistenan pengkoreksian.

NB :
Cuma sedikit anjuran, walau saat membuat pekerjaan akhir banyak waktu senggang lantaran telah tak memiliki jadwal kuliah, baiknya jauhi mencari kerja untuk isi saat. Menurut pengalaman, mahasiswa yang telah keenakan dapet uang dari pekerjaannya sukai lupa sama Pekerjaan Pada akhirnya. Serta umumnya, mereka baru mulai ngerjain lagi sesudah bisa SP dekan lantaran jatah maksimum saat studinya telah nyaris habis

0 comments:

Post a Comment